Sunday, March 3, 2013

7 Puncak Paling Tinggi di Dunia

7 Puncak Paling Tinggi di Dunia - Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya,Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenikatau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung. Berikut daftar 7 Puncak Paling Tinggi di Dunia. 


1. Gunung Everest

http://www.didunia.net/
Puncak Paling Tinggi di Dunia
Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi didunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sanskerta untuk "Dahi Langit") dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ("Bunda Semesta"), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng).

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

2. Gunung K2


K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi peguungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki "Pegunungan Kejam" karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendaki nya.

Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3. Gunung Kanchengjunga 



Kangchenjunga (Nepali:कञ्चनजङ्घा Kanchanjaŋghā) SewaLungma (Limbu) adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti "Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund , yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4. Gunung Lhotse


Lhotse (Nepal: ल्होत्से) merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

Orang yang mendaki di gunung tersebut ialah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada 18 Mei 1956.

5. Gunung Makalu


Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia yang tingginya 8481 m di atas permukaan laut dan terletak di perbatasan Nepal dan China. Gunung Makalu memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest. Upaya pertama untuk mendaki gunung dimulai pada tahun 1954. Namun, pendakian yang sukses pertama kali berhasil dilakukan pada tahun 1955 oleh tim ekspedisi Perancis yaitu Lionel Terray dan Jean Couzy.

6. Gunung Cho Oyu


Cho Oyu (atau Qowowuyag; in Nepal चोयु, Tibet dalam transliterasi Wylie: jo bo dbu yag; Bahasa Cina: 卓奧有山; pinyin: Zhuó'àoyǒu Shān) ialah gunung keenam tertinggi di dunia. Ketinggiannya 8,204 meter. Gunung Cho Oyu terletak di Himalaya, 20 km di barat Gunung Everest, di sempadan di antara negara China dan Nepal.

7. Gunung Dhaulagiri


http://www.didunia.net/

Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia. Membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, sebuah subrange dari Himalaya di Zona Dhawalagiri Nepal utara pusat. Itu terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional yang penting dan pusat wisata. Di seberang ngarai yang mendalam dari Gandaki Kali ke timur terletak Himal Annapurna, rumah untuk Annapurna I, salah satu dari delapan lain-thousanders. Dhaulagiri berarti "Gunung Putih".

Setelah penemuannya tahun 1808 oleh dunia barat, Dhaulagiri dianggap gunung tertinggi di dunia. Berlangsung selama 30 tahun sebelum tempat Dhaulagiri itu diambil oleh Kangchenjunga.

Dalam hal naik di atas medan lokal, Dhaulagiri adalah, pada kenyataannya, hampir tak tertandingi di dunia. Misalnya, naik 7000 m di atas ngarai Gandaki Kali ke tenggara di sekitar 30km jarak horizontal. The Gandaki Kali ini terutama dramatis sejak Dhaulagiri, dan Annapurna baik berdiri di dekat sungai, memberi contoh yang unik dari dua Delapan-thousanders saling berhadapan di lembah yang dalam.

No comments:

Post a Comment